ABSTRACT CLASS

A. BAHASA C#

//ABSTRACK CLASS UNTUK BANGUN RUANG
using System;
namespace Abstrakclass
{
abstract  class bangunruang
{
public abstract void Luas();
public abstract void Keliling();

}
}

//CLASS BUJUR SANGKAR
using System;
namespace Abstrakclass
{
class bujursangkar : bangunruang
{
public int x;

public override void Luas()
{
Console.WriteLine(”    Luas Bujursangkar        : “+(x*x));
}

public override void Keliling()
{
Console.WriteLine(”    Keliling Bujursangkar    : “+(x+x));
}
}
}

//CLASS SEGIEMPAT
using System;
namespace Abstrakclass
{
    class segiempat : bangunruang
    {
        public int p;
        public int l;
        
        public override void Luas()
        {
            Console.WriteLine(”    Luas Segiempat        : “+(p*l));
        }
        
        public override void Keliling()
        {
            Console.WriteLine(”    Keliling Segiempat        : “+(2*(p+l)));
        }
    }
}

//CLASS SEGITIGA
using System;
namespace Abstrakclass
{
    class segitiga : bangunruang
    {
        public int s=0;
        public int a;
        public int t;
        
        public override  void Luas()
        {
            Console.WriteLine(”    Luas Segitiga        : “+((a*t)/2));
        }
        
        public override void Keliling()
        {
            Console.WriteLine(”    Keliling Segitiga        : “+(s*s*s));
        }
    }
}

//PEMANGGILAN PADA PROGRAM UTAMA
using System;
namespace Abstrakclass
{
class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine(”                LUAS DAN KELILING “);
Console.WriteLine(”                  BANGUN RUANG “);
Console.WriteLine();

Console.WriteLine(” 1. Bujur Sangkar “);
bujursangkar bj = new bujursangkar();
Console.Write(”    Masukkan nilai sisi        : “);
bj.x = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
bj.Luas();
bj.Keliling();

Console.WriteLine();
Console.WriteLine(” 2. Segi Empat”);
segiempat sg = new segiempat();
Console.Write(”    Masukkan nilai panjang    : “);
sg.p = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write(”    Masukkan nilai lebar    : “);
sg.l = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
sg.Luas();
sg.Keliling();

Console.WriteLine();
Console.WriteLine(” 3. Segitiga”);
segitiga st = new segitiga();
Console.Write(”    Masukkan nilai alas        : “);
st.a = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write(”    Masukkan nilai tinggi    : “);
st.t = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write(”    Masukkan nilai sisi        : “);
st.s = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
st.Luas();
st.Keliling();

Console.ReadKey(true);
}
}
}
B. BAHASA C++

#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
class abstrak
{
public :
void Luas();
void Keliling();
};

class bujursangkar : abstrak
{
public :
int x;
virtual void Luas()
{
cout <<” Luas Bujursangkar : “<<(x*x)<< endl;
}
virtual void Keliling()
{
cout <<” Keliling Bujursangkar : “<<(x+x)<< endl;
}
};

class segiempat : abstrak
{
public:
int p;
int l;
virtual void Luas()
{
cout <<” Luas Segiempat : “<<(p*l)<< endl;
}
virtual void Keliling()
{
cout <<” Keliling Segiempat : “<<(2*(p+l))<<endl;
}
};

class segitiga : abstrak
{
public :
int s;
int a;
int t;
virtual void Luas()
{
cout <<” Luas Segitiga : “<<((a*t)/2)<<endl;
}
virtual void Keliling()
{
cout <<” Keliling Segitiga : “<<(s*s*s)<<endl;
}
};
int main()
{
cout <<” ABSTRACT CLASS”<<endl;
cout <<” MENGHITUNG LUAS & KELILING BANGUN RUANG “<<endl;
cout <<“”<<endl;

cout <<” 1. Bujursangkar “<<endl;
bujursangkar b;
cout << ” Masukkan Nilai Sisi : “;
cin >> b.x;
b.Luas();
b.Keliling();

cout <<“”<<endl;
cout <<” 2. Segiempat”<<endl;
segiempat se;
cout << ” Masukkan Nilai Panjang : “;
cin >> se.p;
cout << ” Masukkan Nilai Lebar : “;
cin >> se.l;
se.Luas();
se.Keliling();

cout <<“”<<endl;
cout <<” 3. Segitiga”<<endl;
segitiga st;
cout <<” Masukkan Nilai Alas : “;
cin >> st.a;
cout <<” Masukkan Nilai Tinggi : “;
cin >> st.t;
cout <<” Masukkan Nilai Sisi : “;
cin >> st.s;
st.Luas();
st.Keliling();
return 0;
}
C. BAHASA JAVA

//ABSTRACT CLASS UNTUK BANGUN RUANG
package abstrack_class_java;
abstract class bangun_ruang
{
abstract public void Luas();
abstract public void Keliling();
}

//CLASS BUJUR SANGKAR
package abstrack_class_java;
public class BujurSangkar extends bangun_ruang
{
private int s;

public BujurSangkar(int sisi)
{
s = sisi;
}

@Override
public void Luas()
{
System.out.println(“Luas Bujur Sangkar : “+(s*s));
}

@Override
public void Keliling()
{
System.out.println(“Keliling Bujur Sangkar : “+(s+s));
}
}

//CLASS SEGI EMPAT
package abstrack_class_java;
public class segiempat extends bangun_ruang
{
private int p;
private int l;

public segiempat(int panjang, int lebar)
{
p = panjang;
l = lebar;
}

@Override
public void Luas()
{
System.out.println(“Luas Segi Empat : “+(p*l));
}

@Override
public void Keliling()
{
System.out.println(“Keliling Segi Empat : “+(2*(p+l)));
}
}

//CLASS SEGITIGA
package abstrack_class_java;
public class segitiga extends bangun_ruang
{
private int x;
private int a;
private int t;

public segitiga(int sisi, int alas, int tinggi)
{
x = sisi;
a = alas;
t = tinggi;
}

@Override
public void Luas()
{
System.out.println(“Luas Segitiga : “+((a*t)/2));
}

@Override
public void Keliling()
{
System.out.println(“Keliling Segitiga : “+(x+x+x));
}
}

//PEMANGGILAN PADA PROGRAM UTAMA
package abstrack_class_java;
public class Abstrack_class_java
{
public static void main(String[] args)
{
segiempat se = new segiempat(20,10);
se.Luas();
se.Keliling();
System.out.println(“”);

BujurSangkar bj = new BujurSangkar(8);
bj.Luas();
bj.Keliling();

System.out.println(“”);
segitiga s = new segitiga(4,6,8);
s.Luas();
s.Keliling();
}
}

Tinggalkan komentar