A. BAHASA C#
//ABSTRACK CLASS UNTUK BANGUN RUANG
using System;
namespace Abstrakclass
{
abstract class bangunruang
{
public abstract void Luas();
public abstract void Keliling();
}
}
//CLASS BUJUR SANGKAR
using System;
namespace Abstrakclass
{
class bujursangkar : bangunruang
{
public int x;
public override void Luas()
{
Console.WriteLine(” Luas Bujursangkar : “+(x*x));
}
public override void Keliling()
{
Console.WriteLine(” Keliling Bujursangkar : “+(x+x));
}
}
}
//CLASS SEGIEMPAT
using System;
namespace Abstrakclass
{
class segiempat : bangunruang
{
public int p;
public int l;
public override void Luas()
{
Console.WriteLine(” Luas Segiempat : “+(p*l));
}
public override void Keliling()
{
Console.WriteLine(” Keliling Segiempat : “+(2*(p+l)));
}
}
}
//CLASS SEGITIGA
using System;
namespace Abstrakclass
{
class segitiga : bangunruang
{
public int s=0;
public int a;
public int t;
public override void Luas()
{
Console.WriteLine(” Luas Segitiga : “+((a*t)/2));
}
public override void Keliling()
{
Console.WriteLine(” Keliling Segitiga : “+(s*s*s));
}
}
}
//PEMANGGILAN PADA PROGRAM UTAMA
using System;
namespace Abstrakclass
{
class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
Console.WriteLine(” LUAS DAN KELILING “);
Console.WriteLine(” BANGUN RUANG “);
Console.WriteLine();
Console.WriteLine(” 1. Bujur Sangkar “);
bujursangkar bj = new bujursangkar();
Console.Write(” Masukkan nilai sisi : “);
bj.x = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
bj.Luas();
bj.Keliling();
Console.WriteLine();
Console.WriteLine(” 2. Segi Empat”);
segiempat sg = new segiempat();
Console.Write(” Masukkan nilai panjang : “);
sg.p = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write(” Masukkan nilai lebar : “);
sg.l = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
sg.Luas();
sg.Keliling();
Console.WriteLine();
Console.WriteLine(” 3. Segitiga”);
segitiga st = new segitiga();
Console.Write(” Masukkan nilai alas : “);
st.a = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write(” Masukkan nilai tinggi : “);
st.t = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write(” Masukkan nilai sisi : “);
st.s = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
st.Luas();
st.Keliling();
Console.ReadKey(true);
}
}
}
B. BAHASA C++
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
class abstrak
{
public :
void Luas();
void Keliling();
};
class bujursangkar : abstrak
{
public :
int x;
virtual void Luas()
{
cout <<” Luas Bujursangkar : “<<(x*x)<< endl;
}
virtual void Keliling()
{
cout <<” Keliling Bujursangkar : “<<(x+x)<< endl;
}
};
class segiempat : abstrak
{
public:
int p;
int l;
virtual void Luas()
{
cout <<” Luas Segiempat : “<<(p*l)<< endl;
}
virtual void Keliling()
{
cout <<” Keliling Segiempat : “<<(2*(p+l))<<endl;
}
};
class segitiga : abstrak
{
public :
int s;
int a;
int t;
virtual void Luas()
{
cout <<” Luas Segitiga : “<<((a*t)/2)<<endl;
}
virtual void Keliling()
{
cout <<” Keliling Segitiga : “<<(s*s*s)<<endl;
}
};
int main()
{
cout <<” ABSTRACT CLASS”<<endl;
cout <<” MENGHITUNG LUAS & KELILING BANGUN RUANG “<<endl;
cout <<“”<<endl;
cout <<” 1. Bujursangkar “<<endl;
bujursangkar b;
cout << ” Masukkan Nilai Sisi : “;
cin >> b.x;
b.Luas();
b.Keliling();
cout <<“”<<endl;
cout <<” 2. Segiempat”<<endl;
segiempat se;
cout << ” Masukkan Nilai Panjang : “;
cin >> se.p;
cout << ” Masukkan Nilai Lebar : “;
cin >> se.l;
se.Luas();
se.Keliling();
cout <<“”<<endl;
cout <<” 3. Segitiga”<<endl;
segitiga st;
cout <<” Masukkan Nilai Alas : “;
cin >> st.a;
cout <<” Masukkan Nilai Tinggi : “;
cin >> st.t;
cout <<” Masukkan Nilai Sisi : “;
cin >> st.s;
st.Luas();
st.Keliling();
return 0;
}
C. BAHASA JAVA
//ABSTRACT CLASS UNTUK BANGUN RUANG
package abstrack_class_java;
abstract class bangun_ruang
{
abstract public void Luas();
abstract public void Keliling();
}
//CLASS BUJUR SANGKAR
package abstrack_class_java;
public class BujurSangkar extends bangun_ruang
{
private int s;
public BujurSangkar(int sisi)
{
s = sisi;
}
@Override
public void Luas()
{
System.out.println(“Luas Bujur Sangkar : “+(s*s));
}
@Override
public void Keliling()
{
System.out.println(“Keliling Bujur Sangkar : “+(s+s));
}
}
//CLASS SEGI EMPAT
package abstrack_class_java;
public class segiempat extends bangun_ruang
{
private int p;
private int l;
public segiempat(int panjang, int lebar)
{
p = panjang;
l = lebar;
}
@Override
public void Luas()
{
System.out.println(“Luas Segi Empat : “+(p*l));
}
@Override
public void Keliling()
{
System.out.println(“Keliling Segi Empat : “+(2*(p+l)));
}
}
//CLASS SEGITIGA
package abstrack_class_java;
public class segitiga extends bangun_ruang
{
private int x;
private int a;
private int t;
public segitiga(int sisi, int alas, int tinggi)
{
x = sisi;
a = alas;
t = tinggi;
}
@Override
public void Luas()
{
System.out.println(“Luas Segitiga : “+((a*t)/2));
}
@Override
public void Keliling()
{
System.out.println(“Keliling Segitiga : “+(x+x+x));
}
}
//PEMANGGILAN PADA PROGRAM UTAMA
package abstrack_class_java;
public class Abstrack_class_java
{
public static void main(String[] args)
{
segiempat se = new segiempat(20,10);
se.Luas();
se.Keliling();
System.out.println(“”);
BujurSangkar bj = new BujurSangkar(8);
bj.Luas();
bj.Keliling();
System.out.println(“”);
segitiga s = new segitiga(4,6,8);
s.Luas();
s.Keliling();
}
}